Tips Lulus Psikotes

dsc02615.jpg

Baiklah saudara, sekarang saya beritahukan bahwa PNS atau CPNS atau Karyawan disebuah perusahaan ternama bukanlah segala-galanya, kalau cara mendapatkannya dengan prakter penjahat. Tetapi segala-galanya nilai dari sebuah pekerjaan adalah dimulai dari praktek yang baik dan benar dalam menggapai sebuah cita-cita. Mulailah dari diri sendiri dengan jujur, dengan kemampuan sendiri, kenali diri sendiri secara paripurna.
Anda mau lulus tes psikologi, gampang aja saudara. Tidak perlu susah-susah nyogok sana-sini, baca buku prediksi tes sana-sini. Cukup dengan datang ke tempat tes tepat waktu, duduk sesuai nomer urut tes, berdoa, dengarkan instruksi Sang Tester, tanyakan hal-hal yang memang perlu ditanyakan dan memang anda perlu penjelasan lebih lanjut. Jawablah dengan apa adanya sesuai instruksi dan keadaan diri anda saat ini yang sebenarnya.
Yang pasti, jadikan anda sebagai bintang pada setiap sesi tes. Tapi ingat bintang yang bersinar karena keunggulan budi pekerti, tentunya. Bukan bintang pelopor curi start ataupun keributan bahkan kekacauan.
Coba anda baca ‘sharing’ dari saya mengenai persiapan lulus psikotes dengan gampang. Setelah itu anda resapi, renungkan sedalam-dalamnya, atau ‘waqfah’ yakni berhenti sejenak untuk memahami dan meresapi serta mengevaluasi persiapan yang telah dilakukan. Barulah anda action, berjuang, bermujahadah untuk menjawab setiap aitem soal secara sadar. Ingat secara sadar dan sadar.
Sadar disini adalah bahwa anda mengikuti psikotes ini memang kemauan sendiri, tahu bentuk kerjaannya nanti mengenai job description atau uraian tugas dan posisi apa yang akan dipegang. Paham resiko yang akan ditanggung setelah diterima kerja, atau dengan kata lain sampeyan mengerti tentang konsekuensi kedepannya jika diterima atau tidaknya.
Sharing dari saya hanya berlaku agar lulus tes psikologi bukan tes akademik, bukan juga tes praktikum. Pertama, Istirahat yang sangat cukup artinya selalu luangkan waktu untuk enjoy karena istirahat tidak selalu harus dengan tidur. Menikmati suasana hati yang tenang dengan merasakan hangatnya secangkir teh bikinan sendiri sambil melihat keagungan Allah SWT melalui rintik air hujan yang sedang turun, itu juga merupakan istirahat.
Kedua, karena ini tes kejiwaan tentu saja anda harus persiapan mental. Apa yang harus dilakukan, siapkan diri anda untuk bersikap sebagai diri sendiri yang berwibawa. Menyiapkan diri menghadapi situasi tes, yaitu sebagai peserta tes yang mendengarkan dan melaksanakan semua instruksi dan perintah tester atau psikolog pengetes.
Ingat, menyiapkan mental sebelum berjuang sangat urgen. Siap sebelum berjuang adalah merupakan separo kemenangan. Setengahnya ya ambil saat tes berlangsung. Jelas tidak sama antara orang yang siap dengan orang yang belum atau tidak siap mental dalam menghadapi sebuah medan perjuangan.
Nah ini yang ketiga, penting untuk anda. Situasi saat hari H. Saat menghadapi psikotes. Datanglah beberapa menit sebelum waktu tes dimulai. Gunanya untuk ma’rifatul medan -pengenalan ruang- dimana anda berada, diposisi mana anda duduk, bagaimana situasi lingkungan tes, nyamankah kursi anda, siapa psikolognya, dimana ruang toiletnya serta yang lainnya. Yang jelas terkait dengan lingkungan tes.
Tester mulai membuka sesi, anda dengarkan baik-baik. Bertanyalah saat diminta bertanya, kalau memang anda perlu penjelasan. Jangan sekali-kali sampeyan bertanya pada saat pengerjaan aiten psikotes sedang berlangsung. Hal ini akan memberikan nilai minus bagi anda. Kenapa? tentu anda sudah tahu jawabannya. Bertanyalah pada tempatnya. Titik.
Selanjutnya, jawablah pertanyaan sesuai perintah dan instruksi dari tester. Mulailah saat diminta mengerjakan, artinya jangan curi start. Berhentilah mengerjakan jika waktu telah habis, biasanya tester mengatakan “waktu telah habis, letakkan alat tulis anda, sekarang!” maka tiada tindakan lain yang pantas dilakukan oleh seorang bintang psikotes selain meletakkan alat tulis dan berhenti mengerjakan.
Kerjakan semua sesi tes dengan penuh semangat dan tanggung jawab serta penuh dengan kejujuran. Jadilah sampeyan bintang psikotes. Pelihatkan diri anda yang terbaik. Kalau sampeyan curi start atau menambah waktu setelah jatah waktu habis, saya pastikan anda akan ketahuan. Bukan karena psikolognya tukang ramal tetapi memang demikian adanya. Saya berpengalaman akan hal ini, pasti ketahuan sekali lagi ketahuan. Jawaban anda tidak akan konsisten.
Untuk mengungkap kepribadian seseorang melalui psikotes, psikolog tidak hanya menggunakan satu alat prediksi. Saya beritahu ya. Mereka akan meng-cross cheque-kan pada alat pengungkap yang lain. Minimal tiga alat ungkap. Jadi, tak ada gunanya sama sekali bagi sampeyan yang mencuri start atau menambah jatah waktuyang seharusnya. Anda akan gugur.
Kerjakan sendiri, jangan menyontek jawaban teman sebelah anda. Kepribadian sampeyan akan terkontaminasi dengan pribadi orang yang anda contek. You are you, ok !? Dari psikotes itu, psikolog mencitrakan diri ada apa adanya sesuai dengan jawaban dan sikap anda saat ini pada saat pelaksanaan psikotes. Jadi tampilkan diri anda sesungguhnya dan sejujurnya. Tidak usah dibuat-buat.
Psikotes adalah proses memprediksi personal pada saat ini dan akan di-matching-kan atau dicocokkan dengan bentuk tugas atau job deskripsi yang akan dilakukan oleh person tadi pada pekerjaan tertentu. Artinya semua peserta tes itu pasti lulus psikotes, tetapi cocok tidaknya dengan jenis pekerjaan itulah yang menentukan diterima tidaknya pada posisi tertentu.
Jangan berkecil hati bagi anda yang tidak diterima pada pekerjaan tertentu dari hasil psikotes. Karena saya yakin anda pasti diterima pada tugas pekerjaan yang sesuai dengan kondisi pribadi anda. Ingat tulisan saya sebelumnya, khan? Anda akan stress dan frustasi pada pekerjaan yang tidak sesuai dengan kondisi kepribadian anda sesungguhnya.
Psikotes penerimaan pegawai bukanlah mencari salah atau benar, baik atau buruk, cerdas atau cerdas sekali, tetapi psikotes adalah proses memprediksi diri anda sesuai atau tidak sesuai pada posisi jabatan tertentu. Tentu saja dengan acuan job discription and job specification. Bukan acuan sogokan. Bukan acuan kekeluargaan. Juga bukan acuan asal-asalan. Yang intinya bukan mengacu pada prinsip Kolusi Korupsi dan Nepotisme alias KKN.
Berdoalah selalu setiap kali anda mengerjakan kebaikan. Menorehkan sejarah peradaban manusia yang baik tentu saja dimulai dari proses input yang baik pula. Oleh karena itu jadikan diri kita sang Mujaddid – Pembaharu- dalam peradaban manusia yang saat ini sangat diperlukan pembaharuan. Gampang kan lulus psikotes? Jadi, jadilah diri sampeyan sendiri. Semoga berhasil, Saya doakan.***

59 responses to “Tips Lulus Psikotes

  1. waaa makasih dah mampir ke blog mp3 saya,btw dulu saya semangat pengen nyobain cpns tapi gagal jadi males mau coba lagi,akhirnya jadi buruh swasta aja hehehe.

    ***sama-sama buruhnya..he he buruh PNS…he he. makacih

  2. kmaren pas ikutan psikotes di kasih tau klo hasil psikotes adalah potret diri, klo gak lolos kerja gara2 psikotes, bukan berarti hasilnya jelek, tapi karena hasilnya tidak sesuai dengan yang di butuhkan oleh perusahaan.

    jd, buat yg masih berjuang, tetep semanget aja.
    trus klo hasil psikotes nya udh kelar, klo bisa minta hasilnya, tanya2 kita ini tipe orang yg bagus nya kerja di perusahaan spt apa??
    ps: klo bisa.. ya coba aja diusahakan.. ;-)

    tetep semanget..

    ***yap, tetap semangat… Positif thinking

  3. hehe…trims yang 1000 x buat anda…besok pagi saya tes psikotes untuk ….di poso, trims kawan atas artikelnya.
    peace from poso

    ***Selamat dan sukses, amin. Terimakasih kembali.

  4. tolong dong mas saya dikirimin contoh soal psikotest sekalian jawabanNya untuk persiapan daftar AKMIL (Logka, Hitungan,Gambar)
    SebelumNya saya sangat berterima kasih
    hadi_hombr@yahoo.com

    ***Makasih dah berkunjung, tunggu saja ya jawaban dari saya, mengupas tuntas tentang Psikotes dan persiapannya tanpa melanggar kode etik, Doakan segera terbit buku “PSIKOTES mengguncang Dunia” karya saya, mhn doanya.***

  5. Tolong dong mas saya dikirimin contoh soal psikotest sekalian jawabanNya untuk persiapan daftar ASKES (Logka, Hitungan,Gambar)
    SebelumNya saya sangat berterima kasih

    ***Saya doakan semoga sukses dalam menghadapi psikotes ASKES-nya. Baca-baca tulisan saya yang lainnya terkait psikotes…dong. Makasih

  6. Assalamualaikum
    Terima kasih ya atas kiriman contoh soal-soal semoga ini bisa menjadi tambahan buat saya.

    ***’Alaikumussalam.
    Kiriman soal-soal yang mana, ya??!!
    Silakan baca-baca aja deh tulisan saya tentang psikotes yang lain, insyaALLAH tercerahkan lho..!

    Thank’s

  7. assalamualaikm…wah trimakash bgt atas tips na ne berguna bgt..

    ***’Alaikumussalam.
    Baik. Semoga bermanfaat bagi Tiasari dkk lainnya, amin.

  8. assalamualaikum
    mas tolong dong dikirimin contoh soal psikotest sekalian jawabanNya buat ngelamar cpns
    sebelumnya terima kasih

    ke hesty_fitriah@yahoo.com

    ***Alaikumussalam.wr.wb
    Mbak Hesty, silakan cari saja di toko2 buku Gramedia, disana banyak sekali soal2 prediksi tes macam-macam. Tapi kalo saya menyarankan jangan terlalu berpatokan pada buku2 tersebut. Lebih baik baca-baca tulisan saya tentang “apa sih sebenarnya psikotes itu”. Semoga berkenan dan bermanfaat.
    Selamat membaca dan memahami.
    Thank’s

  9. To: Teasari
    Alaikumussalam…..Makasih juga.

    To:Hesty
    Wah, tunggu saja ya buka karya saya tentang Psikotes mengguncang dunia. Mohon doanya agar segera terbit. Amiiin Ya Robbal’alamin.

  10. Ping-balik: Humas & Kerjasama Fakultas Teknik UNS · Tips menghadapi psikotest

  11. makasih pak, atas saran nya..
    moga bisa d jalankan dengan baik..
    aminn

    ***Baik. Amin ya Robbal’alamin. Trimakasih juga.
    Irsan_MITRA Solusi

  12. Terima kasih banyak pak….
    atas info,tip2 & kiat2 dalam menghadapi psikotest!!!
    ya…mudah2an saya bisa diterima dalam bidang usaha yang saya cita2han!!!

  13. sebelumnya saya mohon maaf atas permintaan saya ,untuk kirimkan contoh soal pisikotes akmil (Logka,hitungan,gambar)

  14. sya bsok pgi tes pisikotes secaba polri…
    se ju2r y sya blm prnah ikutan tes pisikotes..
    tp stlah sya bca tips bpk,sya jdi smangat,optimis, dn prcya diri..
    mdh2 hn sya lu2s..amin!!!!!

    ***Amin yarobbal’alamin..

  15. buat teman2 yang gagal terus wawancara kerja mendingan jgn jd pekerja…tp bisnis aja…
    cobain bisnis PULSA ELECTRIC … laku terus …ga bakal surut …
    teman saya sampai bisa beli mobil sendiri dari hasil jualan pulsa …

    salah satu dealer pulsa yg murah di HPCPULSA.CO.CC
    ini bisnis beneran bukan MLM

    search aja … HPCPULSA.CO.CC

  16. kemarin saya dipanggil tes interview di salah satu industri di bandung & merasa bingung ketika ditanya mengenai cita-cita saya. Seandainya saya masih kecil, saya bisa aja ngejawab “cita2 saya ingin menjadi pilot”, namun itu tidak dpt saya utarakan karena saya pikir untuk seumuran saya tidak ada cita2 sperti itu, melainkan realita yg harus dihadapi.

    Apabila saya menjawab “cita2 saya ingin menjadi sukses”, apakah itu jawaban yg tepat atau sebaliknya, karena saya rasa jawaban itu tidak memberi keterangan yg jelas.
    Ataukah saya harus menjawab “cita2 saya ingin bahagia di dunia&akhirat”?
    Menurut mas Irsan sendiri kira2 apa jawaban yg tepat mengenai cita2 bagi orang yg bingung sperti saya ini?

    atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    ***Assalamu’alaikum.wr.wb
    Isal, yg sedang bebahagia. Begini, mengenai interview –> pertanyaan apa pun yanga diajukan interviewer, sebenarnya harus dijawab apa adanya. Maksud saya, si interviewer itu hanya ingin sekedar jawaban saja, tetapi juga mencari performance kita dalam menjawab, cara berskap, berargumen, tentu yang masuk akal. Jadi jawaban apapun itu tidak masalah selama kita bisa berargumen secara jelas dan masuk akal.
    Interviewer hanya kepingin, melihat cara kita ngomong jangan-jangan kita ompong atau belum gosok gigi…hehehe (serius nih lho). Saat kita menjawab pertanyaan, garuk-garuk kepala, tengok sana-sini dll, Performance itu akan menampakkan sebagian besar “isi kepala” kita.
    JAdi tampilkan saat interview itu ke-PD-an kita, yang penting pede aja. tentu kita menguasai argumen cita-cita kita.
    Misal : cita-cita jadi Pilot, tentu kamu sudah punya argumennya, jelasin aja…bahkan secara mendetail…
    OK, semoga sukses..dunia akhirat,…aminn…
    Oh iya, dalam waktu dekat buku saya tentang Psikotes terbit, tolong baca dan pahami..__> insyaALLAH SUKSes…!!!

    • ***Assalamu’alaikum.wr.wb
      Isal, yg sedang bebahagia. Begini, mengenai interview –> pertanyaan apa pun yanga diajukan interviewer, sebenarnya harus dijawab apa adanya. Maksud saya, si interviewer itu hanya ingin sekedar jawaban saja, tetapi juga mencari performance kita dalam menjawab, cara berskap, berargumen, tentu yang masuk akal. Jadi jawaban apapun itu tidak masalah selama kita bisa berargumen secara jelas dan masuk akal.
      Interviewer hanya kepingin, melihat cara kita ngomong jangan-jangan kita ompong atau belum gosok gigi…hehehe (serius nih lho). Saat kita menjawab pertanyaan, garuk-garuk kepala, tengok sana-sini dll, Performance itu akan menampakkan sebagian besar “isi kepala” kita.
      JAdi tampilkan saat interview itu ke-PD-an kita, yang penting pede aja. tentu kita menguasai argumen cita-cita kita.
      Misal : cita-cita jadi Pilot, tentu kamu sudah punya argumennya, jelasin aja…bahkan secara mendetail…
      OK, semoga sukses..dunia akhirat,…aminn…
      Oh iya, dalam waktu dekat buku saya tentang Psikotes terbit, tolong baca dan pahami..__> insyaALLAH SUKSes…!!!

  17. Assalamualaikum Mas Ahmad.
    Terima kasih ya Mas Ahmad atas tips psikotestnya, jadi malem ini saski mau tidur aja yang cukup.. heuheu..
    Besok saski ada Psikotest untuk PT Pos Indonesia. Saski mohon doa dari semuanya ya..

  18. Ping-balik: TIPS LOLOS PSIKOTES « DODIK DARMAWAN 11127

  19. trimakasih sebelumnya pis…
    saya kmrn emg bru ikut tes namun gagal..
    setelah saya gagal saya merasa perlu mencari tau dmn letak kegagalan saya..akhirnya setelah saya seringf dengan teman saya saya di minta untuk mencari tau d internet.nsekarang saya merasa sedikit lega ..
    V ada sedikit yang pengen saya tau , apakah dalam tes tersbut jika ada hal /pertanyaan yang tdk qt jawab bs menjadi nilai minus bagi qt..krn waktu yang di berikan sangatlah singakat..Trim sblmnya.

    Assalamu,alaikum. Mas Arif, yang baik hati…
    Begini, dalam psikotes itu seluruh pertanyaan dan pernyataan mempunyai nilai masing-masing yang nantinya akan dikonversikan ke tabel standard. sehingga, testee (peserta tes) diharapkan mengerjakan secepat dan seteliti mungkin.
    Jika testee hanya bisa mengerjakan 15 aitem soal dari 20 aitem, itu artinya kemampuannya saat tes adalah segitu.
    Jadi tidak ada nilai minus…..!
    Teruslah berusaha dan semangat…
    NAntikan Buku saya tentang: SUKSES PSIKOTES DAHSYAT..!
    bentar lagi terbit….. InsyaALLAH….

  20. Tips – tips nya sudah saya terapkan tapi saya juga saya gagal dalam ujian Psikotes…
    Mohon Tips2 yg lain ato kalo bisa mohon di upload latihan soal Psikotes dan juga bisa didownload gratis hehe
    Trims

  21. saya dah dua x kut pisikotes tapi ga lulus saya sempat putus asa tapi setelah membaca tips dari anda saya akan bersemangan lagi

  22. Aslm..
    Makasih byk atas masukan nya.
    15 Januari besok saya akan mengikuti ujian psikotes di Badan Pemeriksa Keuangan RI.
    Mohon doanya ya saudara qhuu..
    Semoga saya bisa Lulus.
    Amiin YRA.
    Thanks

  23. terimaasih pak atas tipsnya,,,
    mudah_-mudahan besok saya bisa melaksanakan psikotest dengan baik…
    saya akan terapkan tips dari bapa..
    intinya dr tips bapak tadi …
    kita harus apa adanya dan utamakan kejujuran
    bnar kan pak ??? hehe

    sekali lgi trima kasih yah pak

    yupz benar sekali, mas asep.
    amiin ya robb !

  24. assalamu’alaikum, wr.wb. terima kasih pa buat tulisannya jd motivasi bagi saya. Insya Allah besok saya ada psikotes mudah2an saya bisa diberi kelancaran dan lolos….

Berikan Balasan

