CARA LULUS PSIKOTES

 oleh : Ahmad Nur Irsan Finazli S.Psi CH CHt*

ANDA paham tentang fenomena yang terjadi saat menjelang penerimaan CPNS di propinsi yang kita cintai, Kalimantan Selatan. Para orang tua yang memiliki anak lulusan SMA, lulusan Sarjana bahkan lulusan Sarjana plus program profesi, yang bergengsi sekalipun. Meraka sibuk mempersiapkan anak-anak tercintanya untuk bisa lulus tes CPNS. Belum dianggap sukses kerja jika belum PNS.

Orangtua yang ‘sedikit cerdas’ mereka merelakan kehormatannya melobi alias KKN pada para pemegang kebijakan terkait eksekutor penerimaan CPNS. Asal tahu saja sejak tahun 2005 kemarin Tes CPNS sudah mulai terpusat di Jakarta. Apa lagi untuk tahun 2007 ini digelar pendaftaran pada pekan ketiga bulan Oktober, dan formasinya minimal lulusan D III.

Sebelum tahun 2005, terlalu banyak jika disebutkan mengenai pelanggaran moral terkait penerimaan makhluk yang namanya PNS ini. Terang saja, sebutlah ‘si A’ sidin lulus tes CPNS kan karena orang tuanya berduit. Lagi pula sidin dekat dengan psikolog Anu, ya..pantes sajalah. Kata beberapa tetangga saya yang kebetulan ikut bersaing memperebutkan posisi yang disebut-sebut sebagai kerjaan bergengsi bagi sebagian besar orang di Banua kita ini.

Berbagi pengalaman saja, mudah-mudahan tidak ada yang tersinggung. Begini lho, masyarakat kita ini banyak yang minder atau tidak pede, bermental ‘memble’. Sering sekali saya temui, beberapa hari menjelang pengumuman penerimaan pegawai atau karyawan perusahaan apapun, yang kebetulan menggunakan jasa psikotes kami, telepon kantor hampir setiap jam berdering yang intinya minta dibantu agar diluluskan dalam tes psikologi pada perusahaan tertentu. Ya diterima lah sebagai karyawan perusahaan idamannya, tentu saja mereka memberi imbalan yang sepantasnya. Lha ini lah yang saya sebut sebagai calon ‘pejabat tidak bermoral’.Kalau psikolognya seorang yang mentalnya sama, ya terjadilah apa yang disebut sebagai praktek penipuan sesama penjahat. Ha..ha..ha.. iya kan? Lain halnya jika psikolognya itu orang yang bermoral, tentu yang terjadi sebaliknya.

Bagi orang yang berprofesi Psikolog, yang mempunyai pandangan religius normal, tentu saja akan berusaha menolaknya, ya walaupun harus ambil resiko mundur dari lembaga yang padanya ia mencari keberkahan dari sesuap nasi. Toh rejeki itu dari ALLAH SWT, bukan dari lembaga atau makhluk yang disebut sebagai ‘jalma manungsa’ yang lemah.
Itulah saudaraku se-Banua, masyarakat kita sedang sakit. Seharusnya kita yang tahu solusinya, janganlah menjadi penyebab yang memperparah ke-kronis-an sakit ini. Jadilah pejabat eksekutor yang adil dan arif sehingga Banua kita ini sejahtera. Jadilah seorang eksekutor yang berpijak pada nilai kebenaran dan keadilan.Tahu penyakitnya, tahu cara penyembuhannya, tahu terapinya, tahu cara pencegahannya, dan juga tahu memprediksinya, ee..kok malah berperan sebagai orang yang berlagak sok tidak tahu. Apa bedanya dengan seorang penjahat. Ini lebih ngeri lagi, pejabatnya penjahat. Ngeri kan?
Baiklah saudara, sekarang saya beritahukan bahwa PNS atau CPNS atau Karyawan disebuah perusahaan ternama bukanlah segala-galanya, kalau cara mendapatkannya dengan prakter penjahat. Tetapi segala-galanya nilai dari sebuah pekerjaan adalah dimulai dari praktek yang baik dan benar dalam menggapai sebuah cita-cita. Mulailah dari diri sendiri dengan jujur, dengan kemampuan sendiri, kenali diri sendiri secara paripurna.
Anda mau lulus tes psikologi, gampang aja saudara. Tidak perlu susah-susah nyogok sana-sini, baca buku prediksi tes sana-sini. Cukup dengan datang ke tempat tes tepat waktu, duduk sesuai nomer urut tes, berdoa, dengarkan instruksi Sang Tester, tanyakan hal-hal yang memang perlu ditanyakan dan memang anda perlu penjelasan lebih lanjut. Jawablah dengan apa adanya sesuai instruksi dan keadaan diri anda saat ini yang sebenarnya.
Yang pasti, jadikan Anda sebagai bintang pada setiap sesi tes. Tapi ingat bintang yang bersinar karena keunggulan budi pekerti, tentunya. Bukan bintang pelopor curi start ataupun keributan bahkan kekacauan.
Coba anda baca sharing dari saya mengenai persiapan lulus psikotes dengan gampang. Setelah itu anda resapi, renungkan sedalam-dalamnya, atau ‘waqfah’ yakni berhenti sejenak untuk memahami dan meresapi serta mengevaluasi persiapan yang telah dilakukan. Barulah anda action, berjuang, bermujahadah untuk menjawab setiap aitem soal secara sadar. Ingat secara sadar dan sadar.
Sadar disini adalah bahwa anda mengikuti psikotes ini memang kemauan sendiri, tahu bentuk kerjaannya nanti mengenai job description atau uraian tugas dan posisi apa yang akan dipegang. Paham resiko yang akan ditanggung setelah diterima kerja, atau dengan kata lain sampeyan mengerti tentang konsekuensi kedepannya jika diterima atau tidaknya.
Sharing dari saya hanya berlaku agar lulus tes psikologi bukan tes akademik, bukan juga tes praktikum. Pertama, Istirahat yang sangat cukup artinya selalu luangkan waktu untuk enjoy karena istirahat tidak selalu harus dengan tidur. Menikmati suasana hati yang tenang dengan merasakan hangatnya secangkir teh bikinan sendiri sambil melihat keagungan Allah SWT melalui rintik air hujan yang sedang turun, itu juga merupakan istirahat.
Kedua, karena ini tes kejiwaan tentu saja anda harus persiapan mental. Apa yang harus dilakukan, siapkan diri anda untuk bersikap sebagai diri sendiri yang berwibawa. Menyiapkan diri menghadapi situasi tes, yaitu sebagai peserta tes yang mendengarkan dan melaksanakan semua instruksi dan perintah tester atau psikolog pengetes.
Ingat, menyiapkan mental sebelum berjuang sangat urgen. Siap sebelum berjuang adalah merupakan separo kemenangan. Setengahnya ya ambil saat tes berlangsung. Jelas tidak sama antara orang yang siap dengan orang yang belum atau tidak siap mental dalam menghadapi medan perjuangan.
Nah ini yang ketiga, penting untuk anda. Situasi saat hari H. Saat menghadapi psikotes. Datanglah beberapa menit sebelum waktu tes dimulai. Gunanya untuk ma’rifatul medan -pengenalan ruang- dimana anda berada, diposisi mana anda duduk, bagaimana situasi lingkungan tes, nyamankah kursi anda, siapa psikolognya, dimana ruang toiletnya serta yang lainnya. Yang jelas terkait dengan lingkungan tes.
Tester mulai membuka sesi, anda dengarkan baik-baik. Bertanyalah saat diminta bertanya, kalau memang anda perlu penjelasan. Jangan sekali-kali sampeyan bertanya pada saat pengerjaan aiten psikotes sedang berlangsung. Hal ini akan memberikan nilai minus bagi anda. Kenapa? tentu anda sudah tahu jawabannya. Bertanyalah pada tempatnya. Titik.
Selanjutnya, jawablah pertanyaan sesuai perintah dan instruksi dari tester. Mulailah saat diminta mengerjakan, artinya jangan curi start. Berhentilah mengerjakan jika waktu telah habis, biasanya tester mengatakan “waktu telah habis, letakkan alat tulis anda, sekarang!” maka tiada tindakan lain yang pantas dilakukan oleh seorang bintang psikotes selain meletakkan alat tulis dan berhenti mengerjakan.
Kerjakan semua sesi tes dengan penuh semangat dan tanggung jawab serta penuh dengan kejujuran. Jadilah sampeyan bintang psikotes. Pelihatkan diri anda yang terbaik. Kalau sampeyan curi start atau menambah waktu setelah jatah waktu habis, saya pastikan anda akan ketahuan. Bukan karena psikolognya tukang ramal tetapi memang demikian adanya. Saya berpengalaman akan hal ini, pasti ketahuan sekali lagi ketahuan. Jawaban anda tidak akan konsisten.
Untuk mengungkap kepribadian seseorang melalui psikotes, psikolog tidak hanya menggunakan satu alat prediksi. Saya beritahu ya. Mereka akan meng-cross cheque-kan pada alat pengungkap yang lain. Minimal tiga alat ungkap. Jadi, tak ada gunanya sama sekali bagi sampeyan yang mencuri start atau menambah jatah waktu yang seharusnya. Anda akan gugur.
Kerjakan sendiri, jangan menyontek jawaban teman sebelah anda. Kepribadian sampeyan akan terkontaminasi dengan pribadi orang yang anda contek. You are you, ok !? Dari psikotes itu, psikolog mencitrakan diri anda apa adanya sesuai dengan jawaban dan sikap anda saat ini pada saat pelaksanaan psikotes. Jadi tampilkan diri anda sesungguhnya dan sejujurnya. Tidak usah dibuat-buat.
Psikotes adalah proses memprediksi personal pada saat ini dan akan di-matching-kan atau dicocokkan dengan bentuk tugas atau job deskripsi yang akan dilakukan oleh person tadi pada pekerjaan tertentu. Artinya semua peserta tes itu pasti lulus psikotes, tetapi cocok tidaknya dengan jenis pekerjaan itulah yang menentukan diterima tidaknya pada posisi tertentu.
Jangan berkecil hati bagi anda yang tidak diterima pada pekerjaan tertentu dari hasil psikotes. Karena saya yakin anda pasti diterima pada tugas pekerjaan yang sesuai dengan kondisi pribadi anda. Ingat tulisan saya sebelumnya, khan? Anda akan stress dan frustasi pada pekerjaan yang tidak sesuai dengan kondisi kepribadian anda sesungguhnya.
Psikotes penerimaan pegawai bukanlah mencari salah atau benar, baik atau buruk, cerdas atau cerdas sekali, tetapi psikotes adalah proses memprediksi diri anda sesuai atau tidak sesuai pada posisi jabatan tertentu. Tentu saja dengan acuan job discription and job specification. Bukan acuan sogokan. Bukan acuan kekeluargaan. Juga bukan acuan asal-asalan. Yang intinya bukan mengacu pada prinsip Kolusi Korupsi dan Nepotisme alias KKN.
Berdoalah selalu setiap kali anda mengerjakan kebaikan. Menorehkan sejarah peradaban manusia yang baik tentu saja dimulai dari proses input yang baik pula. Oleh karena itu jadikan diri kita sang Mujaddid – pembaharu- dalam peradaban manusia yang saat ini sangat diperlukan pembaharuan. Semoga berhasil.***

*Assessor pada MITRA SOLUSI Indonesia

125 responses to “CARA LULUS PSIKOTES

  1. emang sih bener kt2 masnya, tp mas, saya udah mulai give up,mei’06 hingga sept 06 saya bekerja di suatu persh kontraktor, lalu start okt 06 selama setahun saya bekerja sebagai data entry di suatu bumn,hingga proyek data selesai, lalu saya mulai melamar2, eh tapi mungkin karna saya gemuk yah, jadi saya ga ditrima2, padahal khan pekerjaan yg saya incar (adm) tidak membutuhkan penampilan yang menarik, jadi sedih, padahal menurut bos saya, kenapa hasil psikotes saya dengan kinerja saya berbeda, artinya dalam psikotes saya dilihat sebagai org yg malas(emang keliatan ya?) tapi dalam waktu 8 bulan saya mampu menyelesaikan proyek dan melakukan pekerjaan yg lain (audit koperasi kantor cabang)sebagai sisa waktu masa proyek.rasa2nya emang jadi org gendut salah yah, makasih
    wass

    • ‘alaikumussalam….
      banyak pertimbangan… psikotes terkadang hanya pelengkap saja dari sekian perangkat uji. yg memutuskan tetap si user.
      coba dicek apakah benar hasil psikotesnya mengatakan begitu. jika iya, bisa jadi itu situasional saat menghadapi tes nya saja.
      saran saya, lukcy lakukan psikotes untuk mengetahui potensi diri, lalu minta dikonselingkan dan insyaalllah akan terlihat posisi kita yg tepat dimana.
      mengenai gemuk tdknya, itu relatif dan terserah keputusan perusahaan….
      sukses ya.

  2. Banyak sekali sisinya, kalau tesnya berkenaan dgn intelektual, ya tinggal cocokkan aja dg kunci jawabannya.
    Jika tes kepribadian, ya ada standar tertentu yang menjadi rahasia dapur psikolog. Kualitas tulisan, cara eksekusi, tema ttt, etc. Yang kesemua digabungkan dan disimpulkan serta di komparasikan dengan tes lainnya, cocok atau tidak. Walhasil, keluarlah hasil assessment individu.
    Sementara itu dulu, ya nanti disambung lagi.
    Trim’s dah visit.

  3. apa sesimple itu kiat2 psikotes pak?
    salam kenal ya dari saya, mampir ke blogg sesekali. :)

    ***Yah begitulah, simple memang. Tapi berat lho dlm pelaksanaannya.

  4. yupp… tepat banget.
    emang nyogok – menyogok ga’ ada gunanya.
    percuma ya mas kaya di dunia tapi rugi di akhirat cuma gara2 maksain diri hehehehe…(astaghfirullah…..)
    udah persis aa gym nich :-)

    MAKASIH mas masukannya.

  5. terimakasih. 3 jam lagi saya mau psikotest. deg2an nih. tapi jadi kebantu dengan tulisan ini. jazzakallah..

    ***Siip. semoga berhasil, amiin.

  6. mas ko sya dah 3x ikut tes piskotes, tp gagal terus..???? apa sy bego ? tp sy slalu tembus apbila mengenai pengetahuan umum…tp pd saat psikotes sy gagal…knp y mas ???? trims y mas

    *** Bisa jadi, kamu memang tidak cocok dengan job description-nya, jadi kamu tidak lolos untuk jabatan itu. Bisa jadi, kamu seneng pekerjaan yang berhubungan dengan manusia lain tapi yang diinginkan dari pekerjaan yang kamu lamar itu men-syaratkan orang yang suka akan kesendirian tanpa diganggu orang lain- ketelitian tinggi-konsentrasi tinggi, contonya : Seorang laborat. Iya, khan.
    Makanya sesuaikan kemampuanmu dengan jabatan yang akan Sampeyan lamar.

    • salam hangat mas. mas hari ini saya ada psikotes. saya mau tanya apakan job description seorang designer butuh seseorang yg punya kepribadian penyendiri/ agak tertutup? karena saya merasa pribadi saya agak sedikit tertutup dan kurang suka keramaian. basic saya IT. terimakasih karena tulisan anda sangat memberi wawasan bagi saya.salam sukses buat buku yang akan mas terbitkan

  7. assalamualiakum…
    saya mau bertanya bagaimn cranya, melatih kepercyaan dri.. serta cara mingktkan iq dan eq, yg sblmnya bysa2 saja ?

    saya peljar da blitar, saya ingin meneruskan di jepang, tp tesnya itu sulit2, bagaimana yaaa..

    sekian terimakasih,,
    wasslam

    ***Paksakan untuk memberanikan diri untuk PD. Meningkatkan EQ–> seringlang bergaul dengan orang yang lebih dewasa mentalnya (psikis). IQ –> Seringlah berfikir jauh kedepan, tentukan target dan langkah2-nya untuk mencapai kesana.
    Yang paling penting usaha nyata dari Halim Nur. Selamat berjuang, semoga sukses, amiin…

  8. salam,
    saya kemarin ikut psikotes seleksi karyawan di perushaan swasta,awalnya saya pesimis..ini psikotes pertama saya bertemu dgn pauli tes,sebelumnya cuma ketemu kreplin..apalagi saya kesulitan dengan angka 9,tp ternyata hasil pengumumannya,saya lolos ke wawancara,walaupun saya merasa kurang waktu wawancara.
    @ lucky
    optimis mbak,big is nu sexy!right?
    yang penting attitude ama isi kepala..

    salam kenal mas

    ***Salam kenal juga. Selamat, itu artinya Sampeyan memang cocok dengan job description yang diharapkan. Jadi sekali lagi pelihara terus kemampuanmu.

  9. saya tidak tahu apa namanya psikotes??
    tolong kasih bentuknya yah…
    ke alat email aku.. dian.andriyana@yahoo.co.id.
    trimakasih!

    ***Silakan baca-baca aja dulu beberapa tulisan lain tentang psikotes di blog saya, insyaALLAH kamu akan tercerahkan. KAlau mau lebih jelas, datang aja ke kantorku nanti saya jelaskan. Tapi ingat lho, kami konsultasikan aja, bukan saya ajari kunci jawabannya. Tapi trik and tipsnya.
    Atau boleh juga kamu tunggu buku tentang psikotes karya saya nantinya, sedang proses nih.

  10. klo suruh gbr gbr apa ?

    ***Gambar aja apa yang diinstruksikan oleh tester. Bikin gampang aja, apa yang muncul pertama kali dibenak, GAMBAR LANGSUNG AJA.

  11. Bujur banar julak ae, nang pian tulis ini mudahan di baca oleh bubuhan banua kita.
    nang ngaran razaki tu kada kamana pang. bila kada jadi PNS, badagang nasi kuning gin jadi haja jua

    ***Bujur banar. Mantap. Sapakat.

  12. Hi,

    bagus juga blognya. pas lihat admin saya, ternyata ada yang berkunjung ke blog saya dari blog anda. karena itu, blognya dah saya link ke blog saya. main-main ya ke blog saya di mohammadreiza.wordpress.com

    terima kasih..

    salam,

    Mohammad Reiza

    ***Baik. Terimakasih atas link-nya. JAdi tambah dikenal.

    Salam.
    Irsan_MITRA Solusi

  13. Pak Noor Irsan, sbentar lagi aku mau tes psikologi untuk kenaikan pangkat karyawan. Kira2 ada ada nggak latian2 untuk tes psikologi itu. Kalo ga ada ya link untuk download latian2. Juga mohon diterangkan tentang test Pauline / berhitung. Gimana sih cara menilai hasil dari test berhitung?
    Jawaban bisa langsung ke emailku : widiarto_yudi@plasa.com.
    Terimakasih.

    ***Sdr.Yudi, ykh.
    Semoga Sampeyan sukse dalam psikotes kenaikan pangkat karyawan, amin.
    Latihan aja sendiri mengenai hitung-hitungan yang sederhana. Saran saya, gak perlu Sampeyan repot-repot cari contoh2 soal tes pauli dll. Siapkan aja dengan latihan sendiri hitungan sederhana.
    Cara menghitungnya, tunggu aja ditulisan saya berikutnya.
    Silakan membaca tulisan yang lainnya di blog saya.
    Terimakasih.

    Irsan_MITRA Solusi

  14. tes psikotest, tidak artinya, kalau seseorang yang sudah pengalaman kerja, kemudian mngikuti test lagi,kemudian hasil terst tidak memuaskan, akhinya nggak di terima de jadi karyawan.padahal ia punya pengalaman paling tidak lebih mudah beradaptasi dengan pekerjaan baru

    ***Mas Jajaa, psikotes tetap ada gunanya dhonk.
    Salah satunya: untuk men-cheque kekonsistenan seseorang dalam jabatannya. contoh: seseorang yang berpengalaman bekerja membawa senjata api, nah beliau harus di tes secara berkala untuk melihat kekonsistenan-nya, apa masih bisa membawa senjata api atau sudah tak layak lagi. Dan contoh lainnya.
    Terimakasih atas masukannya.

    Ahmad Nur Irsan Finazli_MITRA Solusi

  15. pak…….. tolong donk kirimkan soal-soal psikotes dan cara penyelesaiannya/penilaiannya… tolong kirimkan ke emailku ya pak……. trims….

    ***MAs Solidei, maaf saya tidak boleh menyebarluaskan alat-alat tes dalam bentuk apapun.
    Silakan baca tulisan saya yang lainnya, semoga tercerahkan apa dan bgmn psikotes itu, Amin.
    Terimakasih.

    Ahmad Nur Irsan Finazli_MITRA Solusi

  16. Asallamuallaikum Wr.Wb,Pak Noor Irsan, sebentar lagi aku kan menghadapi psikotes. adakah kiat-kiat khusus agar melancarkan carier saya.dan bagaimana cara psikoter menilai, dari ratusan bahkan ribuan peserta? terimakasih saya ucapkan .Asallamuallaikum Wr.Wb.
    Jawabanya dinantikan, my e-mail: sigit_agung4yahoo.com

    ***‘Alaikumussalam.wr.wb.
    Semoga sukses dalam menghadapi psikotes dalam kenaikan jenjang karier Mas Sigit, Amiin.
    Ikuti saja aturan main dalam penjenjangan karier di Perusahaan Mas Sigit. Jadikan diri Mas Sigit bintang dalam posisi kerjaan Anda sekarang.
    Cara menilainya: membentuk tim pelaksana psikotes, ada yang scoring, ada yang konversi ke tabel, ada yang adm, ada yang analisa, dan merekap, me-range, ada yang menjadual hasil, dan ada yang meng-”eksekusi”. Jadi berapa ribu-pun, insyaALLAH akan tertangani.
    Terimakash atas masukan dan pertanyaannya.

    Silakan baca tulisan lainnya di blog saya.

    Ahmad Nur Irsan Finazli_MITRA Solusi

  17. Luar biasa pencerahaanya, kadang say apesimis ketika akan menghadapi psikotes. Tetapi setelah saya membaca tulisan Ahmad Nur Irsan Finazli saya seperti mesin yang panas kemudian disiram air, sekarang saya jd lebih tenang jika akan menghadapi psikotes.

    Terima kasih
    Awan

    ***Alhamdulillahirobbil’alamin.
    Baik. Terimakasih juga. Semoga tambah bersemangat, Amin

  18. assalamualaikum, pa..

    pa, boleh ga saya minta tips n tricknya bwt menghadapi psikotes, dan contoh soal2nya… karena saya belum pernah mengikuti psikotes dan akan mengikuti psikotes…

    tolong dikirim ke email saya ya, pa…
    woediluv@yahoo.com

    terima kasih banyak ya, pa atas bantuannya…
    sangat ditunggu ya, pa..

    *** Boleh aja, tips nya silakan baca tulisan saya judulnya : TIPS LULUS PSIKOTES, baca aja dan di download di blog ini.
    Trimakasih juga.

    Ahmad Nur Irsan Finazli_MITRA Solusi

  19. pak besok aq ada tes psikotes nih minta soal n jawabannya ya biar aq bisa latihan
    makasih

    ***Makasih mbak Vera, saya doakan semoga berhasil dan sukses dalam psikotesnya, amin.
    Mengenai soal dan jawabannya, saya tidak bisa memberi karena melanggar kode etik, lagi pula saya gak mau menjerumuskan mbak Vera ke posisi yang belum tentu cocok dengan psikologis mbak Vera.
    Silakan baca tips lulus psikotes, psikotes dan bayarannya, tes kepribadian apa yang dilihat, psikotes hii ngeri, momok peserta psikotes, dll. Kesemuanya ada di blog saya ini, ya disini.
    Makasih…

    Ahmad Nur Irsan Finazli_MITRA Solusi

  20. lam kenal to mas Irsan.
    Namaku Mulya Martadinata (mulyabpn@yahoo.com) hp.08127177022
    saya sangat tertarik apa yang disampaikan oleh mas di web ini.
    memang apa yang disampaikan begitulah adanya, karena sesuatu untuk maju berawal dari bahasa jujur, dll.
    dan untuk maju perlu keberanian untuk mengungkap sesuatu.
    begitupun untuk menempuh psikotes, bukan score yang jadi tujuan tapi bagaimana untuk menjadi pribadi yang sebenarnya.
    tq.

    ***Baik. Saya sangat setuju itu.

  21. diNgsaNak,,!!
    uluN Nie, ndak masuk polisi CABA Nah..
    mohoN peNcerahaN Nya..
    apa-apa sakiraNya yg uluN siap akaN hagaN psikotest keNa..
    apakah sama haja lawaN tips d atas td..
    berhubuNg polisi d jalur mileter keto Nah..
    apa aza yaNg biasaNya d Nilai dr tes psikotes masuk polisi secara umum tuch..
    NyamaN uluN tahu, cocok kd lawaN uluN,..
    spy jaNgaN mambuaNg duit umpat Ngeto, muN sudah Nyata kd cocok..
    tarima kasih..

  22. to itenx, ya siapin mental aja deh. Trus baca-baca tulisan saya yang lain terkait psikotes, lalu pahami. Walhasil Itenx jadi saip den, secara mental. Semoga sukses.

  23. Ass,saya hidayah(my_lq@yahoo.co.id).gmn caranya mengetahui psikologi diri kita? sy srg ikut psikotes,tp srg KO di interview.apa tips nya agar sukses interview.

    ***Wa’alaikumussalam.
    Salam kenal, mbak Hidayah. Mau tahu diri kita ya, ikuti psikotes mengetahui potensi diri. Dan diminta hasil psikotesnya (semacam dinamika psikologis mbak Hidayah).
    Setelah ada hasilnya, minta dijelaskan kelebihan dan kekurangannya, yaa semacam dikonsul-kan lah.
    Mengenai interview, tunggu ya tulisan saya selanjutnya… Makasih atas kunjungannya.
    dari : Ahmad Nur Irsan Finazli

  24. Assamualikum wbb.
    Selain siap mental,apakah belajar dari kumpulan soal2 psikotes
    yang dibeli di toko buku gramedia juga akan membantu dlm kemudahan menjawab soal-soal psikotes?

    ***Bisa saja, tapi ingat jangan sampai terkungkung hanya berfokus pada kumpulan soal tersebut. Baca sekedarnya saja tidak perlu terlalu serius, nanti bisa terjebak lho. Percayalah…..

  25. maf sebelum nya ak lancang nanya nih

    ak cuma tanya gmn isi isi pisikotes buat calon caba?????

    klu sa ma soalnya yua

    krm k email ak aja rangga_pink104@yahoo.com

    mksh yua

    ak tunggu kabar selanjutnya

    met mlm

    Silakan baca tulisan TIPS LULUS PSIKOTES di blog saya ini. Semoga bisa membantu memahamkan. Makasih Rangga.

  26. MAS……..
    SAYA MAU CONFIRM NI..
    SEBENTAR LAGI SAYA AKAN MENGIKUTI PSIKOTES DALAM RANGKA PENERIMAAN BRIGADIR POLISI DIPONTIANAK..
    ADA SARAN NGGA SUPAYA SAYA BISA MENGERJAKAN SEMUA TES2 DAN KALO BOLEH TAU,
    APA2 SAJA YANG AKAN DI TES KAN?
    TERIMA_KASIH

    ***Silakan baca tulisan TIPS LULUS PSIKOTES di blog saya. Semoga bermanfaat. Salam buat kawan yang di Singkawang kalau ada.
    Thanks

  27. mas mau ga bantu saya buat mengetahui pa sech sebenernya potensi yang saya pny coz saya sendiri ga persis apa secah yang saya bisa…

  28. Assalamualaikum..
    pak saya mau tanya,knp tiap kali sy ikut psikotes sy gak pnah lu2s ya?? padahal sdh d setiap jenis pkerjaan.. skrang sy bkeja dperusahaan kntraktor tp tnpa tes psikotes,tp ju2r sy tdk mnikmati pkerjaan sy..sdh 3bln tp msh sj ingin mencari pkerjaan yg tetap… BUMN,Bank,PNS sy tdk lu2s, tp dengan mmbca tulisan bpak sy brpikir sy tdk co2k bkerja.. saya malah mnjadi patah smangat.. apakah ada cara bisa mrubah watak pribadi qt?? makasih sebelumnya..

  29. setiap psikotes,.,.aku ko ga pernah lulus ya? salah aku di msna ya mas? cz aku ga bodoh2 amat! perasaan psikotes ga sulit2 amat.
    dan aku ngisi pun…kadang da perasaan yakin…
    tp prasaan yakin tuh malah kebalikannya ya?
    jdnya pusing mas

    • psikotes itu me-match-kan antara hasil tes Anda dengan jobdesk dan job spec.nya. dan dalam psikotes itu banyak hal diungkap, mulai intelektual, kepribadian, sikap kerja, minat, manajerial.

  30. sebenarnya psikotes sangat diperlukan ngak sih dalam perusahaan klo menurut saya didam bekerja tidak sama sekali dipergunakan ilmu yang di pergunakan didalam psikotes. yang penting kemahiran dalam bekerja dan keinginan ingin menjadi yang terbaik………………

  31. Untuk tes psikotes/psikometri/tes aptitude kita perlu persiapan. Paling tidak mengetahui bentuk soal tes yang akan diujikan.

    Mau tau rahasianya untuk LOLOS?

    Lihat disini untuk informasi lengkap tes psikometri.

    Ada juga tips tes psikotes, tes potensi akademik, dan tes aptitude dari vendor konsultan ternama di Indonesia, seperti SHL, Experd, DDI, dll.

    Semoga bermanfaat :)

  32. ass. saya mau tanya saya sering ikut tes psikotes tapi tidak pernah lulus karna sangat lemah yang namanya hitungan..
    apakah saya harus jawab dengan kemampuan saya atau menyontek atau bagai mana??
    trus bagai mana cara menjawab hitungan koran dan menggambar manusia dan pohon??

  33. assalamualaikum wr wb,
    Alhamdulillah segala puji bagi Alloh Tuhan Pencipta alam semesta, salam kenal, sebelumnya saya sampaikan terima kasih. Saya udah 3X test psikotes dan sampai 3 x juga tidak lulus, setelah membaca tulisan ini saya jadi termotivasi untuk menghadapi psikotest yang keempat ini…mohon doanya semoga kali ini bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

    ***Amiin

  34. Assalam alaikum pak

    Dalam tahun ini saja saya udah empat kali mencoba psikotest di beberapa perusahaan dan departemen namun gagal terus nih. Padahal dua tahun yang lalu di PLN, PNS dan Bank Indonesia saya pernah lulus dari tes psikotest, apa saya jadi tambah bego ya? padahal posisi yang saya lamar sama saja yakni AKUNTAN. Bisa kasih pencerahannya????

    Dan satu lagi, apa sih bedanya Psikometri dan Psikotest? Ada sebuah perusahaan asesmen di Jakarta sedang naik daun menggunakan uji Psikometri, namun saya lihat isi materinya sama saja dengan psikotes pada umumnya

    Terima kasih

  35. ‘Alaikumussalam.wr.wb
    Kun Si, yang baik…
    begini, setiap kali psikotes walaupun dalam posisi yg sama, tapi tetap ada kaidah persaingannya berbeda. kan yg ikut tes orang yg berbeda juga. tentu peluang yang terjadi juga beda dong. apalagi beda perusahaan…. (kecil-midle-big.
    Boleh jadi waktu di PLN,PNS,BI… rival dalam psikotes… pesertanya rata-rata biasa aja, sedang Anda baik (fit and optimal).
    Jika ada variabel lain, tentu akan berbeda pula, semisal kondisi (kesehatan,suasana hati,beban psikis,fresh graduate,dll) Anda waktu heri pengetesan.

    Nah kalo psikometri, itu adalah salah satu ilmu pengukur dalam pembuatan tools (alat tes) biar jadi standard..
    nah kalo digunakan istilah psikometri, menurut hemat saya kurang tepat.

  36. saya merasa sangat tenang setelah membaca tulisan anda..
    awalnya saya sedikit merasa tertekan akan menghadapi tes ini,..
    tapi setelah ini sya merasa tenng…
    saya ucapkan terima kasih…

  37. Fikya juanda,…
    baik..
    terimakasih apresiasinya.
    semga sukses, amiin
    ditunggu kunjungan selanjutnya pada tulisan yang lain.
    nantikan buku saya terbit

  38. ass,
    pak saya mengalami ketidak paercayaan diri ketika melamar pekerjaan ada psikotest’a. .
    saya tdk mengerti sudah 2x melamar pekerjaan dalam mengerjakan psikotest’a selalu gagal. .
    mohon kiat2 dari bpk. .
    tks

    ‘alaikumussalam…
    silakan baca di tulisan saya yang lain, misal tes kepribadian apa yang dilihat(dinilai), evaluasi psikotes, tips atau cara. Intinya, bahwa psikotes adalah mencitra diri kita dan di-match-kan citra diri tadi dengan job-spec dr perusahaan… lebih jelas dan gamblang silakan baca ya…
    insyaallah tercerahkan dan semoga sukses…. amiiin
    makasih dan sukses mba nur.

  39. saya senang bisa share malelui web ini….gmna langkah awal u/sukses melewati pshycotes

    Terimakasih mba Silvy,…
    silakan baca tips lulus psikotes dan cara lulus psikotes dalam weblog saya ini….
    selamat menikmati tulisan dan sukses buat saya dan mba silvy serta pembaca semua, amiin

  40. Ping-balik: All About Psikotes | Portal IG : Computing | Education | Business

  41. pa besok saya tes nih…kyf am nah gugup saya maka dah rancak mehadapi psikotes tapi gagal terus …tolong bantuannya nah saya harus kyf

  42. Azid yang pingin tahunya besar,… psikotes itu tes psikologi. tes untuk mencitra diri dari sisi psikologis seseorang…
    silakan baca ditulisan saya ttg psikotes apa yg diungkap etc…

  43. reon primasandy, yg baik….

    saya bantu dg do’a semoga sukses,…amiin.

    coba baca tulisan saya mengenai tips dan trik, saran penulis cara menjawab psikotes etc….

  44. permisi, mau tanya, saya seorang profesional di bidang IT yang sudah berpengalaman sampai akhirnya saya terkena PHK, kemudian saya melamar kerja lagi diberbagai perusahaan tapi selalu gugur di psikotest, kalau memang kepribadian atau mental saya tidak match dengan job description yg saya lamar, apa itu berarti saya harus banting setir meninggalkan dunia IT, padahal cuma itu keahlian saya satu satunya…mohon penjelasannya, terima kasih atas bantuannya.

    ***Mas Nazar, ykh.
    coba anda check hasil analisa psikotesnya. untuk mengetahui potensi anda (kelebihan dan kelemahan). juga akan diketahui pola pekerjaan dan kepribadian anda saat itu (tes) dan saat ini. Jika tidak memungkinkan, saya sarankan anda untuk mendatangi biro psikologi agar dilakukan psikotes potensi diri dan minta konseling padanya. Mengenai banting stir atau tidak setelah anda tahu potensi anda saat ini.
    Juga sebagai informasi tambahannya, anda juga perlu tahu (evaluasi) penyebab anda di PHK. agar pengambilan keputusan nya adil dg berbagai sudut pandang.
    smg sukses untuk saya dan anda, amiiin…
    Makasih mas Nazar.

  45. Mas Niar, yang bisa fokus dan sukses,…!!!
    Anda perlu baca artikel lain pd blog saya.
    Anda harus yakin bahwa anda pasti bisa sukses.
    Jalani dengan persiapan mental yang wajar…
    rileks….

  46. Aslamualaikum pak.

    Trimakasih atas solusinya pak”saya sangat terinspirasi mengenai pesoko tes malalui tulisan ini…..TQ banget pak.

  47. asssalamualaikum ww.
    Salam Kenal Mas,
    Kebetulan saya dari simpatisan PKS juga ne, dari Medan., kalau mas kenal dengan Bang Irwansyah, SH.MH ya saya salah seorang dari kadernya,,

    begini mas, saya sering terkendala dengan masalah ter prsikotes, saya sudah baca beberapa literatur, mengenai gambar, apa yang digambar, namun tetap juga tidak lolos, jadi saya pikir test psikotes itu tidak perlu dipelajari buat saja apa yang anda terlintas di pikiran kita, kalau boleh berbagi info mohon mas bisa info ke saya bagaimana caranya supaya kita lulus psikotes dan apa yang menjadi acuan bagi psikoter untuk menentukan orang lulus atau tidak lulus karena sebagian orang yang psikotes pikirannya buyar jadi tidak 100% tereksplor apa yang ada didalam dirinya kemudia ada yang telah membaca buku dan yang di tuliskan atau yang digambarkannya bukan lagi mengenai dirinya tapi sudah mengenai yang digambarkan oleh orang lain.

    mohon sarannya mas

    wassalam

  48. besk sya akn ikt psikotest prtma sya ,,, apkh psikotest ini memang ssuai kmampuan sya slama ini ,

    baik mba puri, semoga sukses ya… amiin.
    mhn kabarnya segera setelah psikotes.

  49. Mas Abdul, yang baik…. caranya tarik nafas Anda dalam2 melalui hidung lalu hembuskan perlahan melalui mulut sebanyak tiga kali sambil visualisasi diri Anda dalam kondisi relaks tenang bahagia….

  50. saya mau tanya, saya udah berkali kali ikut test psikotest untuk masuk ke perusahaan
    mayoritas saya selalu gagal di tahap psikotest, padahal saya melamar untuk jabatan yang memang bidang yang saya geluti yaitu IT
    nah saya tahu kalo saya ini orangnya tidak begitu cerdas, bukan saya bermaksud sombong tapi kalo membandingkan pengetahuan dan kemampuan dalam dunia IT dari teman2 saya yang lain saya ini termasuk unggul dan teman2 saya pun mengakui
    nah saya ini bukan tipe orang cerdas yang dengan gampangnya mengerti segala hal, saya ini orang yang bisa karna sering mencoba dan ber exsperimen sendiri
    nah bagaimana saran agar saya bisa lolos dalam psikotest,
    saya sudah hampir putus asa namun setelah membaca blog ini saya sedikit menemukan kembali semangat saya,karna rasanya tidak adil karna saya gugur di tes yang bukan kemampuan saya sebenarnya

    • Tian yang baik hati, semoga sukses ya amiin…
      sedikit saran agar anda psikotes secara mandiri dan minta hasil psikotes anda (dinamika psikologis) dan minta dikonselingkan apa potensi dan kekurangan anda. dengan demikian anda bisa meng evaluasi diri dan tercapailah apa yang anda inginkan…
      sukses ya…

  51. setuju bangetz…
    kenapa yach bangsa kita udah tau gak bener n gak jujur masih juga dianggap baik. eh malah yang beneran jujur ato mengungkap kebenaran malah di anggap jahat ato malah dikatakan mendzalimi orang lain..emang udah kebolak-balik jaman.. * tepok jidat dah..

  52. Apa kabar pak Ahmad Nur ?

    Aku setuju apa yang anda katakan tentang penerimaan pegawai lebih banyak kecurangannya…karena “Pintar tanpa Relasi dan Uang tidak guna tetapi Bodoh ada relasi dan uang, itu yang berguna” akhirnya apa? sipelamar yg pinter sudah pesimis duluan untuk ikut test !!! ini sudah rahasia umum. Pertanyaan aku, Bagaimana kita tau bahwa sebuah test itu murni tidak ada KKN.?

    Trims….. Salam Kenal……

    • alahmdulillah baik, elfrin sinaga… semoga anda juga baik dan sehat…amiin

      terimakasih atas persetujuannya.
      jangan khawatir, kalo yg pinter (semua aspek: IQ-EQ-SQ) insyaallah pasti diterima dan lulus psikotes.
      utk tahu pure.. ya dicek hasil penilaiannya secara keseluruhan di panitia/ perusahaan, sulit memang. tp jika tdk memungkinkan, yang penting punya kita aman. makanya saran saya kenali potensi kita..ya.
      salam kenal juga…

      makasih

  53. saya mau bertanya…
    dalam psikotes (deret angka) tes kraeppelin itu yang menjadi prioritas partama penilayan apa saja si…??

    tolong jelasjan .. terimakasih
    salam kenal.. :)

    • saya jawab, septian yg pingin tahu…

      begini, dalam psikotes, aspek deret angka itu tidak musti karepelin lho… ada beberapa tes yg menggunakan derat angka.
      untuk tahu apa itu deret angka dan mengungkap apa aja, silakan baca ditulisan saya yang lain di weblog ini… silakan.
      semoga tercerahkan.
      makasih dan salam kenal juga.
      irsan cht

  54. assalamualaikum.
    saya ingin bertanya. materi psikotes yg diujikan untuk masuk perguruan tinggi, apa saja ya ??? cara agar mudah dalam mengerjakannya???
    terima kasih.
    tolong jelaskan.
    wassalamualaikum

  55. Saya tidak pernah berhasil psikotes saya semakin patah semangat dan semakin tidak jelas kearah mana pekerjaan saya. Baru2 ini saya gagal psikotest beasiswa s2. Padahal saya ingin sekali karena jika berhasil kan bisa menopang ekonomi saya yg juga tak kunjung membaik. Sekarang saya pengangguran kembali dan ntah lagi harus kearah mana bidang pekerjaan.padahal saya jago komputer dan tidak bodoh2 amat. Saya pernah juara 1 dikelas dan sering blajar otodidak karna tid ada yg mengurusi saya karna ortu cerai ketika smp dan hidup sendiri.

  56. om hari ini saya gagal psikotes , kalo menurut saya, saya gagal dibagian yg gambar , ini psikotes pertama saya om , beberapa hari sebelumnya saya baca artikkel om ini dan saya yakin kalo saya bakal lulus dan saya merasa kalo saya juga cukup pintar..
    yg mau saya tanyain om
    bentuk gambar apa aja yg menjadi nilai minus ?
    dan apa karna saya hanya menyelesaikan 4 dari 8 gambar makanya saya gagal ?

    ini pertama kalinya saya ikut psikotes dan pertama kalinya saya gagal untuk masuk kerja om , rasanya nyesek kalo tau saya masih bodoh hihihi :)
    thanks ya om

    • irvan yang baik, tenang saja masih banyak kesempatan psikotes lagi.
      mengenai tes gambar, sebaiknya anda menyelesaikan semua gambar tersebut. bagaimana bisa dinilai jika tidak ada gambar, ada sih nilainya yakni minus tapi inikan jadi kurang pas. saran saya kedepannya kerjakan semua yang diperintahkan oleh psikolognya ya…
      sukses

  57. With havin so much content and articles do you
    ever run into any problems of plagorism or copyright infringement?
    My blog has a lot of exclusive content I’ve either written myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the web without my permission. Do you know any ways to help reduce content from being stolen? I’d genuinely appreciate it.

  58. I have been browsing online greater than three hours nowadays, yet I by no means
    discovered any attention-grabbing article like yours.
    It’s lovely value enough for me. In my view, if all web owners and bloggers made just right content material as you did, the web shall be much more useful than ever before.

  59. You actually make it seem so easy with your presentation but I find
    this matter to be really something that I think I would never understand.
    It seems too complex and very broad for me. I am
    looking forward for your next post, I’ll try to get the hang of it!

    • baik, terimakasih…
      coba, anda baca-baca lagi ditulisan saya yang lain di web ini. semoga bisa paham dan sukses dalam mengikuti tes.

  60. permisi,,saya mau tny..
    kl untuk seorang officer bank,, memerlukan karakter yg seperti apa?
    krn saya rasa saya slalu gagal psikotes karena mungkn karakter saya kurang cocok dgn job desk nya.. :(
    mohon pencerahan ya.. :)
    makasii

  61. permisi om,saya mau nanya ma om…
    saya sudah mngikuti psikotes kerja 3 kali tp gk pernah saya berhasil om,knpa sich setiap x saya mengikuti psikotes saya tidak pernah lulus om……
    padahal saya sudah berusaha untuk mengerjakan nya dengan teliti,percaya diri N konsentrasi penuh. gara2 itu saya skrng sudah malas mngikuti psikotes lamaran kerja om.
    tolong kasih tahu dong om di mana letak kesalahan saya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s