TES, Saya Orangtua yang Selalu Sibuk…

irsan and family
Apakah yang akan Anda lakukan apabila Anda merasa bahwa anak Anda membutuhkan waktu yang lebih banyak dari Anda, sementara pada waktu yang sama, Anda sangat sibuk dan sangat terikat dengan pekerjaan-pekerjaan Anda?
Pilihlah Jawaban Anda, dengan sejujurnya… (dengan cara dilingkari pada huruf)
A.    Saya akan meminta suami/ istri agar memberikan waktu lebih banyak untuk menemani mereka di rumah. Jika terpaksa, saya rasa tidak masalah bila harus melarang bapak/ ibu keluar.
B.    Saya akan memanfaatkan waktu-waktu tertentu dalam setiap hari yang selama ini telah saya berikan untuk mereka, yaitu ketika makan bersama. Apabila mereka menghadapi suatu masalah, saya akan mengarahkan mereka untuk menyelesaikan nya sendiri, agar kepribadian mereka terbentuk sejak dini.
C.    Saya akan berusaha mengatur waku saya kembali, dan akan mendahulukan urusan-urusan yang lebih penting bagi hidup saya. Saya melihat bahwa mendidik dan menjaga anak adalah tangung jawab kedua orangtua, baik ibu maupun ayah. Karena itu, sebagai seorang ayah atau ibu, peran saya didalam mendidik anak harus jelas.

Selanjutnya mari kita lihat tipe kepribadian Anda.
Jika jawabannya A. Anda tipe orangtua yang menyerahkan tanggung jawab pendidikan anak hanya kepada istri/suami Anda.
Anda orang yang sibuk dan tanggung jawab diluar rumah sangat besar, sehingga…
Tanggung jawab pendidikan adalah tanggung jawab pasangan Anda, …
Sayang cara pandang Anda kurang luas, anak Anda akan menjadi remaja dan dia membutuhkan figur ayah/ ibu yang dapat memberikan pandangan dan nasehat-nasehat kepada mereka.
Ingat…! Jika Anda sama sekali tidak berperan dalam mendidik mereka, ditengah-tengah kita akan lahir generasi muda yang masih sangat membutuhkan pendidikan ulang.
Tidakkah Anda sepakat jika kami katakan bahwa anak Anda adalah harta paling berharga yang kita miiki dan yang membutuhkan pendidik terbaik dari kita? Oleh karena itu, mulailah dari sekarang, jangan sampai Anda menyesal kemudian!

Jawaban Anda B, maka Anda tipe orangtua yang membatasi waktu bertemu dengan anak satu jam saja.
Bisa jadi Anda adalah orang yang berkeyakinan bahwa didalam belajar, anak Anda mesti melakukan kesalahan, supaya berkepribadian kuat dangan belajar dari pengalamannya. Akan tetapi Anda lupa, dengan sedikit waktu yang Anda berikan kepadanya, boleh jadi pengalaman yang ia daptkan bertolak belakang dengan apa yang Anda harapkan. Berpikirlah untuk menambahkan waktu duduk dan berbincang bersama mereka. Hendaknya waktu-waktu yang Anda berikan untuk mereka benar-benar bermanfaat dan berpengaruh dalam pembentukan kepribadiannya.
Jawaban Anda C, maka Anda termasuk tipe orangtua yang memprioritaskan hal-hal yang lebih penting.
Anda seorang yang selalu sibuk, Anda mengharapkan anak-anak Anda melihat pentingnya keberadaan Anda bersama mereka. Anda berusaha menyisihkan banyak waktu untuk duduk bersama mereka. Ternyata Anda selalu sukses dalam melaksanakan usaha tersebut, sehingga anak-anak Anda benar-benar dapat memanfaatkan waktu duduk Anda bersama mereka.
Banyak hal yang dapat Anda lakukan ketika duduk bersama mereka :
•    Anda dapat berbincang bersama mereka
•    Bermain bersama mereka
•    Mendengarkan peristiwa-peristiwa yang mereka alami didalam kehidupan mereka
Bagaima mungkin saya dapat melakukan semua itu, sibuk dengan kerjaan dan dapat menjadi orangtua atau pendidik yang baik? Inilah fakta dan caranya:
•    Jika ia memiliki pekerjaan yang memungkinkan untuk membawa anaknya, ia akan membawa salah satu anaknya.
•    Selalu menyempatkan diri untuk makan bersama. Berdialog, bercanda, bertanya tentang kawannya, bermusyawarah, dll.
•    Waktu-waktu kosongnya selalu dihabiskan dirumah bersama keluarga dan anak-anaknya.
•    Apabila ia memiliki pekerjaan yang mengharuskannya untuk membawa mobil dalam waktu yang lama, ia membawa salah satu anaknya sebagai teman dalam perjalanan.
•    Libur setiap akhir pekan selalu dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga.
•    Selalu menyempatkan diri untuk duduk bersama diruang tidur anaknya, dan berusaha untuk memberikan sesuatu yang dapat membuatnya gembira, baik dengan bercerita tentang kisah teladan atau hanya sekedar berbincang.
•    Pada liburan setiap akhir pekan, ia selalu berusaha untuk menjadi sosok laki-laki yang lain bagi anak-anaknya. Ia tidak membaca, menulis, menelpon, tidak melihat televisi. Ia menghabiskan waktunya untuk bermain bersama anak-anaknya.

6 responses to “TES, Saya Orangtua yang Selalu Sibuk…

  1. Saya sebagai bapak dari tiga orang anak, memang sangat sibuk untuk mengurusi kerjaan. Tapi setelah membaca “tes ini” saya jadi sedikit tersadar akan pentingnya memperhatikan pendidikan anak. Bravo.

  2. ‘Alaikumussalam.wr.wb
    R: Ya memang harus ada…
    Rosy: Sebaiknya memang jujur, bukan seharusnya tapi senyatanya.. Makasih jua
    Abah: Saya juga bapak tiga anak, pak. Selamat.
    Nand: Ada juga tes untuk calon pengantin lho…he..he..he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s