Tes IQ untuk Industri

gaya pak irsan
Oleh Ahmad Nur Irsan Finazli*

Dunia industri tak akan pernah sepi dari yang namanya kebutuhan tenaga kerja. Mulai dari pencarian tenaga kerja pada bank data, sampai pada usaha dengan cara membuka lowongan di media. Apa sebenarnya itu psikotes dalam dunia industri? Aspek apa saja yang diungkap, dan bagaimana sebenarnya letak strategis dari psikotes dalam dunia industri dewasa ini. Mari kita masuk kedalamnya.
Proses seleksi yang terjadi pada dunia industri tak pernah lepas dari psikotes. Perlu diingat bahwa seleksi tak sama dengan psikotes. Seleksi cakupannya lebih luas dari psikotes, artinya psikotes hanya merupakan satu alat untuk mengungkap atau memprediksi calon tenaga kerja ketika nanti bekerja di industri tempat psikotes dilakukan.
Psikotes dalam dunia usaha sebenarnya telah lama dilakukan oleh para pemilik perusahaan baik yang lokal sampai internasional. Walaupun dalam bentuk yang sangat sederhana. Lalu aspek apa saja yang biasanya dites-kan. Yang sangat mencuat beberapa anggapan dari masyarakat kita adalah “psikotes itu ya tes IQ”.
Padahal dalam proses psikotes itu, banyak meyangkut beberapa aspek. Pertama, aspek kecerdasan sering disebut sebagai tes IQ. Kedua, aspek Sikap Kerja yang sering disebut sebagai tes kecakapan kerja. Ketiga, aspek yang ada dalam diri manusia berupa kebiasaan, kesukaan, cara bertindak, emosinya, dimana sering disebut sebagai tes keprbadian. Keempat, aspek yang sangat dipentingkan bagi para calon tenaga kerja untuk tingkat manajerial, sering disebut sebagai tes tipe kepribadian.
Aspek kecerdasan yang bagaimana?, tak mudah ternyaa mencari calon karyawan yang ber-IQ tinggi. Sebab standard yang dipakai untuk calon karyawan perusahaan ini adalah high stndard.

Bersambung …

6 responses to “Tes IQ untuk Industri

  1. Tes untuk industri itu lengkap, kan ya?…
    maksud saya, lengkap sampai berjam-jam ngerjainnya…

    ***iya, kadang samapai 6 jam. Tapi ya tidak harus sampai segitunya. Artinya tergantung dari kebutuhan kog…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s