1.5 Psikotes Untuk Siapa

“Bahkan, untuk menjadi seorang calon anggota dewan, calon mentri, calon kepala daerah,
dan presiden sekalipun, juga dikenakan psikotes” (Ahmad Nur Irsan Finazli)

Paradigma berfikir masyarakat terkadang terbalik, Psikolog lah yang memerlukan testee. Padahal, jika kita runut akar permasalahan tingkat kebutuhan kesehatan mental masyarakat Indonesia, maka peran psikolog maupun sarjana psikologi sangat dibutuhkan. Bahkan mereka ada, sebenarnya untuk mewujudkan masyarakat manusia yang bahagia dengan sewajarnya, juga gara-gara masyarakat banyak yang terkena gangguan jiwa hingga sakit jiwa. Mereka berusaha membantu dalam menanganinya guna menyembuhkan.
Berbagai alasan bisa dibuat untuk menjadikan profesi tertentu diharuskan ada. Jadi semacam ada kebutuhan yang mendesak yang segera dipenuhi. Jika tidak akan menjadikan ketidakharmonisan dalam roda kehidupan. Taruhlah contoh tingkat kebutuhan dokter didunia, semakin tahun akan semakin dibutuhkan. Demikian juga tingkat kebutuhan ahli jiwa, semakin tahun juga semakin dibutuhkan.
Dalam prediksinya pada tahun 2020 nanti tingkat gangguan jiwa masyarakat akan mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Sehingga akan dicanangkan dalam setiap puskesmas diperlukan psikolog, bila perlu psikolog keluarga untuk menangani setiap kelompok keluarga.
Perlu kita ketahui bersama, psikolog tidak hanya mengurusi orang yang terganggu jiwanya saja. Mereka juga lebih diperlukan untuk orang yang normal dan sehat mentalnya. Prefentif bagi masyarakat yang masih sehat, agar tetap dan terus dalam keadaan wal afiat.
Dalam salah satu peran kecil yang diemban oleh psikolog adalah melakukan penilaian atau lebih umum diistilahkan dengan psikotes. Kenapa psikotes? Karena salah satu yang menjadikan masyarakat kita terganggu jiwanya adalah masalah pekerjaan, yang intinya masalah ekonomi. Nah berbicara mengenai pekerjaan tak bisa dilepaskan dari peran psikolog untuk melakukan penilaian.
Perusahaan menerima karyawan, tentu dalam jumlah tertentu, yang tidak mungkin menerima seluruh pelamar. Jadi diperlukan seleksi dalam rekrutmennya. Hal ini mengandung arti, psikolog melakukan penilaian melalui psikotes. Lalu, sebenarnya untuk siapa psikotes itu? Psikotes adalah untuk perusahaan, BUMN, BUMD, BKD, BKN, pendidikan, Rumah Sakit, Kepolisian, Ketentaraan, yang akan merekrut tenaga kerja ataupun anggota.
Psikotes diperlukan untuk manusia normal, abnormal, sehat maupun gangguan, laki-laki ataupun perempuan, anak-anak maupun dewasa bahkan lansia. Artinya semua level masyarakat, tingkatan usia, status sosial seseorang memerlukan psikotes ini.
Klien dalam kebutuhan klinis, disebut sebagai klien yang dalam keadaan gangguan jiwanya. Nah, untuk mengetahui tingkat kekronisan dan klasifikasi gangguannya diperlukan diagnosa. Salah satu cara diagnosa yang biasa dipakai adalah psikotes.
Untuk melihat kondisi kejiwaan pemegang senjata api, taruhlah contoh seorang polisi atau tentara, secara berkala mereka diberi treatment yang sifatnya wajib yakni melalui psikotes. Bahkan, untuk menjadi seorang calon anggota dewan, calon mentri, calon kepala daerah, dan presiden sekalipun, juga digunakan psikotes.
Jadi, psikotes sangat diperlukan untuk semua aktivitas kehidupan yang berhubungan dengan sumber daya manusia.***

One response to “1.5 Psikotes Untuk Siapa

  1. moga2 belum expired:)
    apakah substansi 7an psikotes tercapai dengan maraknya contoh2 soal plus cara(?) lulus psikotes…. mengingat, niat mulanya psikotes (justru) untuk mengetahui kondisi psikologis seseorang yang (seharusnya) tanpa rekayasa…..

    ps : gara2 besok ada psikotes di kantor, jadi googling d:)

    Mas Dianto, yg perhatian.
    terimakasih atas atensinya…
    nah itu dia, benar mas. sebenarnya soal dan pembahasan psikotes tsb melanggar kode etik psikologi. namun demikian, kami sebagai praktisi punya cara tersendiri untuk megetahui apakah itu hasil belajar dari buku atau alami.
    sebenarnya keberadaan buku-buku tsb sangat merugikan para pembacanya (terutama yg mengikuti dengan letter lux sbgmn dibku tsb), itu saya sebut sebagai ‘terperosok kedalam kubangan’. Walhasil dia akan turn over…
    justru para pembaca mentah-mentah tsb bisa kami ketahui dgn sangat mudah… (kasihan mereka).
    smg segera tersadar, amiiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s