Relaksasi Psikis with Hypnotherapy

Relaksasi Psikis

Relaksasi Psikis

Oleh : Ahmad Nur Irsan Finazli S.Psi CH CHt

MENDENGAR kata relaksasi, terbayang oleh kita sebuah kondisi yang sangat diidamkan oleh sebagin besar individu yang sibuk dibawah tekanan. Relaks merupakan kondisi fisik maupun psikis dimana kita merasa sangat nyaman dan menikmati kenyamanan tanpa sebuah tekanan sedikit pun. Sedangkan relaksasi adalah usaha peregangan dari kondisi fisik dan atau psikis yang sedang mengalami ketegangan dari tingkat rendah sampai akut.

Usaha untuk mengurangi ketegangan dengan cara mengendorkan tekanan-tekanan yang sedang dialami individu.Hampir semua individu pernah tegang, bahkan mungkin setiap hari. Terutama fisik yang senantiasa bergerak monoton sepanjang hari, terlebih lagi ditambah dengan tekanan psikis dari individu lain. Ancaman, misalnya.

Yang menyebabkan ketakutan psikis berlebih sehingga fisik pun terpengaruh menjadi tegang juga. Walhasil, ketiban stres atau frustasi sampai bekelanjutan. Gangguan mental, paling ringan. Sampai sakit mental, yang harus dirawat di rumah sakit jiwa.
Tidak ada individu yang tidak pernah tegang, stres, frustasi, nervus, ketakutan, merinding, grogi, mudah kaget, melamun, marah, sedih, nangis histeris, shock, ya minimal tingkat rendah. Artinya, seluruh individu termasuk saya pernah mengalami gangguan jiwa. Tergantung diri kita, mau berlanjut sampai sakit jiwa atau cukup sampai digangguan jiwa saja.

Disaat kondisi ketegangang mental atau fisik, dapat dipastikan kita segera mencari solusi peregangan-peregangan atau minimal mencari cara agar sedikit enjoy. Pelampiasan dari sebuah ketegangan. Dalam tataran tertentu, seorang individu mampu untuk bisa mencari jalan keluarnya. Bersantai dengan mengistirahatkan fisik dengan menikmati pemandangan luas, atau duduk dibawah pohon yang berangin sepoi-sepoi, atau mungkin hanya jalan-jalan keluar ruangan sesaat utuk menghirup udara segar.

Tetapi dalam kondisi tertentu, individu perlu bantuan orang lain untuk melepaskan ketegangan-ketegangan yang dialaminya. Ingat, seorang individu itu mulai dari bayi sampai lansia. Semua manusia termasuk individu, bisa stres. Artinya, kita tidak melulu bisa mengatasinya sendirian, disinilah letak individu sebagai makhluk sosial. Makhluk yang membutuhkan pertolongan individu lain, ketergantungan kepada makhluk lain. Tatkala kita masih memerlukan kehadiran orang lain, berarti kita masih disebut sebagai manusia normal, makhluk sosial.

Untuk saat ini relaksasi telah banyak dilakukan oleh kita, baik secara personal maupun kelompok. Baik secara lembaga milik pribadi maupun kelompok masyarakat. Secara lebih spesifik, bahkan ada yang membuka perwatan fisik dan psikis melalui relaksasi. Mulai dari pijat sampai hipnotis, konseling sampai terapi, kafe sampai diskotik, bahkan salon sampai rumah sakit, meditasi sampai senam, puncak tertinggi religiusitas, dan seterusnya.

Relaksasi psikis dan fisik sangat diperlukan oleh kita, sebagai nafas kehidupan manusia. Strata masyarakat mana pun memerlukannya, tanpa kecuali. Silakan pilih relaksasi yang cocok dengan diri kita sendiri. Semoga tepat menjatuhkan pilihan dan relaks-lah Sampeyan. Pilihan cerdas, pilihan positif, kenikmatan Syurga AllahSWT. Walhasil, Indonesia sehat.
Wallahu a’lam.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s