Self Hypnosis, Psikologi Keputusan Memilih

pimpinan sidang muswil himpsi

Psikologi Keputusan Memilih, cara sederhananya !

 Oleh : Ahmad Nur Irsan Finazli S Psi CHt CI
Dalam dunia pemasaran, sering kita mendengar istilah pengambilan keputusan terkait proses jual beli. Banyak diantara calon pembeli atau konsumen, memberikan alasan ketika mereka hendak membeli atau tidaknya suatu barang yang dibutuhkannya. Masing-masing orang pasti berbeda-beda.

Sadar atau tidak sebenarnya pengambilan keputusan dalam jual beli, sebenarnya terjadi proses yang sangat pelik dan rumit.

Dimana jika dijelaskan dengan sebuah tahapan, kita akan terpana ternyata banyak tahapan psikologis yang terjadi dalam proses tersebut. Minimal ada tiga proses sebelum memilih untuk menjatuhkan pilihan pada sebuah barang. Akan sama halnya dengan proses keputusan memilih dalam aspek apapun. Mau pilih barang, pilih sekolah, pilih kampus, pilih bank, bahkan memilih pasangan hidup sekalipun.

Prosesnya, adalah mulai dari proses pengamatan atau melihat-lihat, dimana proses pengamatan ini masuk dalam kategori proses awal yakni terjadi pada otak kita. Fikriyah manusia alias kognitif. Tahapan selanjutnya, adalah menimbang-nimbang dalam sisi rasa. Apa rasa itu, maksudnya adalah dirasa-rasa sesuai atau tidak dengan hati. Nah proses ini adalah proses afektif.

Tahap ketiga adalah setelah tahap sebelumnya sudah oke, artinya kedua tahap sebelumnya sudah sesuai dengan keinginannya dan perasaannya. Apa itu, melakukan proses feedback yakni mulai dari proses awal lagi dengan proses melihat dan pertimbangan yang lebih detail dan mendalam.

Nah, baru tahap akhir yakni tahap eksekusi untuk memilih atau tidak. Jika mattching dipastikan akan memilih barang tersebut, namun jika tidak matching dengan harapan dan kenyataan akan tidak akan memilih.

Ya, singkat padat berisi… Bagaimana Sodaraku?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s