Anesthesia, Gunakan Hypnotherapy

satu sesi dalam training hipnoterapi

satu sesi dalam training hipnoterapi

APA itu anesthesia ? Seseorang tidak lagi menerima rasa sakit atau sering disebut mati rasa.

Kita harus tahu bahwa sensasi rasa sakit sebenarnya merupakan ‘alarm’ adanya kemungkinan2 bahaya yang mengancam tubuh. Dalam beberapa peristiwa rasa sakit ini bisa bertambah karena faktor psikologis, yaitu rasa takut atau ketegangan yang sangat tinggi.

Sensasi rasa sakit yang timbul akibat faktor psikis itu, seperti misalnya melihat jarum yang menusuk kulit dan secara psikologis merasakan sakit yang teramat sangat atau saat melahirkan akibat rasa takut dan tegang.

Dalam kegiatan sehari-hari sebenarnya delusi kinestetik (tidak merasakan sesuatu) sering kita alami secara tanpa kita sadari. Mungkin kita pernah mengalaminya, saat bagian kulit tergores luka tetapi baru merasakannya beberapa jam kemudian karena sebelumnya kita sedang terlibat dalam konsentrasi yang intens akan suatu hal, misalnya menonton pertandingan bola atau offroad, etc.

Demikian pula ketika kita tidur disuatu tempat yang berhawa sangat dingin, saat tertidur pulas tubuh kita sama sekali tidak menggigil terhadap hawa dingin yang ada, tetapi baru mulai menggigil beberapa  saat sebelum kita terjaga.

Peristiwa-peristiwa yang menimbulkan delusi kinestetik seperti ini sebenarnya merupakan kondisi hypnosis yang terbentuk ‘tanpa disengaja’ dan telah menjadi kegiatan alamiah sehari-hari. Sebuah peristiwa saat kita sedang intens terhada sesuatu hal membuat aktivitas gelombang otak kita cenderung menjadi lebih rendah, yakni Alpha (13,9 – 9 Hz) dari keadaan sebelumnya yang multifokus atau gelombang beta.

Hypnotherapy bisa digunakan sebagai kaidah anesthesia bagi keperluan praktek kedokteran dan pengobatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s